Selasa, 05 April 2016

Cara Mengatasi Oppo Find 7 Bootloop

Cara Mengatasi Oppo Find 7 yang Hang, Error atau Bootloop.
Mangatasi Bootloop Oppo Find 7
Setiap orang pasti tidak menginginkan adanya masalah pada perangkat Oppo Find 7 kesayangan. Namun apa daya, semakin kita menyayangi perangkat tersebut, semakin sering pula kita memakainya. Semakin sering kita memakainya, semakin kita ingin merubah agar perangkat Oppo Find 7 menjadi lebih baik lagi.
Namun alih-alih membuatnya lebih baik, terkadang kita malah membuat kesalahan ketika memodifikasi perangkat android Oppo Find 7 kita yang pada akhirnya membuat perangkat android Oppo Find 7 menjadi hang, error atau bootloop.
Jika perangkat Oppo Find 7 kesayangan brosis mengalami hang, error, atau bootloop, brosis tidak perlu kuatir. Selama masalah yang terjadi masih sebatas software, brosis bisa mengatasinya sendiri.
Untuk mengatasi hang, error atau bootloop pada Oppo Find 7 disini Tb punya dua cara yaitu :

Melakukan Hard Reset Pada Oppo Find 7.
Jika masalah yang terjadi pada Oppo Find 7 masih ringan, biasanya masih dapat diatasi dengan melakukan hard reset saja. Cara untuk melakukan hard reset pada Oppo Find 7 adalah sebagai berikut :

  1. Pastikan daya baterai mencukupi untuk melakukan hard reset. Setidaknya 50% dengan kondisi baterai normal.
  2. Dalam kondisi perangkat Off (mati), Tekan dan Tahan tombol Volume Down dan Power secara bersamaan hingga masuk Recovery Mode.
  3. Setelah berhasil masuk Recovery Mode, pilih bahasa dengan bahasa yang brosis mengerti.
  4. Dilanjutkan dengan pilih wipe data and cache.
  5. Tunggu proses selesai kemudian pilih Reboot.
Reboot setelah melakukan hard reset biasanya membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama daripada biasanya. Jika setelah Reboot perangkat Oppo Find 7 brosis belum sembuh, maka bisa coba cara yang kedua, yaitu :

Melakukan Flash Pada Oppo Find 7
Flash atau flashing adalah menginstal ulang ROM atau Firmware pada perangkat. Untuk melakukan hal ini, brosis membutuhkan file ROM atau Firmware yang perlu brosis download dahulu. Cara untuk melakukan flash pada Oppo Find 7 adalah sebagai berikut :
  1. Download dahulu ROM atau Firmware untuk Oppo Find 7 disini. Untuk mengunduhnya bisa menggunakan komputer atau ponsel lain.
  2. Simpan file ROM atau Firmware tadi kedalam kartu SD Oppo Find 7 brosis. Simpan dibagian luar folder. Lalu pasangkan pada perangkat Oppo Find 7 brosis.
  3. Masuk ke Recovery Mode, caranya sama dengan cara hard reset diatas lalu pilih bahasa dan dilanjutkan wipe data and cache.
  4. Selesai proses wipe data and cache jangan pilih Reboot, tetapi pilih Instal from SD.
  5. Pilih From SD lalu cari file ROM atau Firmware yang brosis simpan tadi.
  6. Tunggu hingga proses instalasi selesai, maka perangkat akan melakukan Reboot.
Selama masalah yang terjadi masih seputar software, seharusnya dengan melakukan flashing pada perangkat, maka perangkat akan kembali normal seperti semula. Jika setelah proses flashing selesai namun perangkat Oppo Find 7 masih bermasalah, besar kemungkinan kerusakan terjadi pada bagian hardware. Intuk mengatasinya bawa ke tukang servis yang berpengalaman.
Begitulah kira-kira cara untuk mengatasi hang, error atau bootloop pada Oppo Find 7 yang disebabkan karena masalah software. Kurang dan salahnya Tb mohon maaf. Semoga tulisan kali ini bermanfaat... Salam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Cari Blog Ini